Kamis, 21 Mei 2009

Astronom dunia temukan 28 planet di luar tata surya

IM astronom dari berbagai negara mengumumkan temuan 28 planet di luar sistem tat surya. Ini temuan terbesar sejak exoplanet pertama (yaitu planet di luar tata surya) ditemukan 12 tahun lalu.

Dengan adanya temuan terbaru itu, berarti jumlah planet yang berhasil diketahui sudah mencapai total 236 buah yang mengelilingi bintang lain, ujar astronom Jason Wright dari University of California. Di antara temuan itu adalah empat sistem banyak planet.

Dari bintang-bintang yang memiliki banyak planet, hampir sepertiganya memiliki lebih dari satu planet. Temuan terbaru ini juga menunjukkan frekuensi sistem planet yang lebih besar dibanding perkiraan orang selama ini, ujar Alan Boss dari Carnegie Institute di Washington.

Bahkan lebih mengejutkan lagi adalah "setiap bintang yang kita lihat memiliki sebuah planet," tambah Boss. Ini termasuk pulsar yaitu benda aneh yang memancarkan energi pada interval teratur.

Kebanyakan riset baru difokuskan pada benda kerdil warna merah, yaitu bintang yang berukuran lebih kecil dan pancaran cahaya yang lebih redup daripada matahari tetapi membakar energi pada rata-rata miliaran tahun. Ini memungkinkan kehidupan apa yang disebut zona habitat untuk tumbuh subur dalam waktu yang lebih lama.

Sejauh ini, hanya satu planet yang ditemukan mengorbit bintang kerdil di sebuah zona dimana kehidupan mungkin saja terjadi. Sekitar enam kali lebih besar dibanding bumi, planet ini mengelilingi bintang Gliese 581. Eksistensinya telah diumumkan sebulan lalu oleh kelompok pemburu planet dari Eropa.

Planet ini mengorbit begitu dekat dengan bintang seakan-akan melekat. Ini berarti planet ini hanya memiliki satu sisi yang menghadap ke bintang, cara serupa seperti yang dilakukan bulan dengan satu sisi menghadap ke bumi.

Pada planet itu, suhu pada sisi yang terang terlalu tinggi untuk suatu kehidupan. Namun demikian, pada sisi yang gelap, suhunya mencapai antara 10 hingga 36 derajat Celsius.

Tim juga menyamakan kondisi itu dengan temuan eksoplanet lain yang seperti Neptunus. Planet ini mengorbit mengelilingi bintang kerdil merah yang disebut Gliese 436, sekitar 30 tahun cahaya dari bumi.

Sekalipun kebanyakan para pemburu planet lebih berfokus pada bintang-bintang lebih kecil, bintang raksasa yang berusia tua mungkin mempunyai planet yang lebih banyak dibandingkan bintang kecil. Lima dari 28 planet baru ini mengelilingi bintang-bintang 'A' yang sudah pensiun," ujarnya.

Sementara itu planet-planet yang mengelilingi bintang-bintang yang lebih besar tampaknya berada dalam posisi yang lebih jauh dibandingkan planet yang mengelilingi bintang kecil.

Tingkat deteksi eksoplanet semakin meningkat sejak temuan sejumlah teleskop baru dan teknik pengamatan. (tst/dia)


(PENDIS: rud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar